Belajar yang Sehat

Belajar efektif dan Cara Belajar yang sehat

Bertanggung jawab atas dirimu sendiri.Tanggung jawab merupakan tolok ukur sederhana di mana kamu sudah mulai berusaha menentukan sendiri prioritas, waktu dan sumber-sumber terpercaya dalam mencapai kesuksesan belajar.
Pusatkan dirimu terhadap nilai dan prinsip yang kamu percaya.Tentukan sendiri mana yang penting bagi dirimu. Jangan biarkan teman atau orang lain mendikte kamu apa yang penting.
Kerjakan dulu mana yang penting.Kerjakanlah dulu prioritas-prioritas yang telah kamu tentukan sendiri. Jangan biarkan orang lain atau hal lain memecahkan perhatianmu dari tujuanmu.
Anggap dirimu berada dalam situasi “co-opetition” (bukan situasi “win-win” lagi).”Co-opetition” merupakan gabungan dari kata “cooperation” (kerja sama) dan “competition” (persaingan). Jadi, selain sebagai teman yang membantu dalam belajar bersama dan banyak memberikan masukkan/ide baru dalam mengerjakan tugas, anggaplah dia sebagai sainganmu juga dalam kelas. Dengan begini, kamu akan selalu terpacu untuk melakukan yang terbaik (do your best) di dalam kelas.
Pahami orang lain, maka mereka akan memahamimu.Ketika kamu ingin membicarakan suatu masalah akademis dengan guru/dosenmu, misalnya mempertanyakan nilai matematika atau meminta dispensasi tambahan waktu untuk mengumpulkan tugas, tempatkan dirimu sebagai guru/dosen tersebut. Nah, sekarang coba tanyakan pada dirimu, kira-kira argumen apa yang paling pas untuk diberikan ketika berada dalam posisi guru/dosen tersebut.
Cari solusi yang lebih baik.Bila kamu tidak mengerti bahan yang diajarkan pada hari ini, jangan hanya membaca ulang bahan tersebut. Coba cara lainnya. Misalnya, diskusikan bahan tersebut dengan guru/dosen pengajar, teman, kelompok belajar atau dengan pembimbing akademismu. Mereka akan membantumu untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik.
Tantang dirimu sendiri secara berkesinambungan.Dengan cara ini, belajar akan terasa mengasyikkan, dan mungkin kamu mendapatkan ide-ide yang cemerlang.

CARA BELAJAR SEHAT

1. Motivasi
Anda jangan merasa terbebani dengan kewajiban yang diberikan oleh Allah termasuk belajar
2. Manfaatkan kehadiran di tempat belajar
Anda harus menghadiri tempat belajar minimal 30% bahan pelajaran, InssyaAllah sudah di serap
3. Buat Program Belajar
Membaca buku, membuat ringkasan,mengerjakan PR, diskusi kelompok, membuat laporan, mempersiapkan diri menghadapi ujian. Beri porsi yang sama dalam setiap bidang studi
4. Membaca
Biasakan membaca malam sebelum besok menerima pelajaran
5. Mendengar dan mencatat
6. Menjaga Konsentrasi
a. Keadaan jiwa
b. Mood
c. Kondisi fisik
d. Keadaan lingkungan belajar
7. Disiplin dan komitmen
8. Membuat Target
9. Jangan pasif, jadilah pelajar yang pro aktif
10. Tawakal
11. Berdoa

http://lilianyratu.multiply.com

2 Tanggapan so far »

  1. 1

    ivana wiyono said,

    cara belajar sehat sulit juga di jalaninnya…hahha

  2. 2

    partydork01 said,

    ngerasain sendiri ya.?? ^_^


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: