Rossi: Lorenzo Akan Rasakan Kenangan Gibernau!

JEREZ, KOMPAS.com — Sirkuit Jerez, Spanyol, menyimpan kenangan tersendiri bagi Valentino Rossi dan Sete Gibernau. Pada empat tahun silam, dua pebalap ini melakukan pertarungan sengit dengan Rossi sebagai pemenang karena berhasil menyodok ke depan setelah melakukan manuver berbahaya di tikungan terakhir menjelang finis.

Nah, jika memungkinkan, maka pada akhir pekan nanti, “The Doctor” ingin mengulangi memori tersebut,  meskipun kali ini bukan dengan Gibernau. Rossi mengatakan, dia siap mengulangi kejadian kontroversial tahun 2005 tersebut untuk mengalahkan Jorge Lorenzo, bila rekan setimnya di Fiat Yamaha itu kembali berada di depan, seperti yang terjadi pekan lalu di Sirkuit Motegi, Jepang.

Ya, Gibernau sempat menjadi rival terberat Rossi pada tahun tersebut sehingga persaingan di antara mereka sangat menarik untuk disimak. Salah satu pertarungan yang menegangkan dan kontroversial terjadi saat GP Spanyol, di saat Gibernau, sebagai pebalap tuan rumah mendapat banyak dukungan dari suporter, tampaknya akan menang.

Namun, saat mendekati finis, Rossi melakukan “serangan” sangat berbahaya karena, pada tikungan 90 derajat ke kiri, dia mengambilnya dari dalam. Tak ayal, gesekan pun tak bisa dihindari, membuat Gibernau harus tergelincir ke luar trek sehingga pebalap Movistar Honda itu harus puas finis di urutan dua, di belakang Rossi.

Saat penyerahan trofi, Rossi mendapat cemoohan publik tuan rumah yang memang menginginkan pebalap mereka menjadi juara. Namun, pemilik nomor 46 tersebut cuek dan tetap pada pendiriannya bahwa apa yang dilakukannya tidak masalah sehingga tak bisa disalahkan.

Nah, pada jumpa pers yang berlangsung Kamis (30/4) waktu setempat dan dihadiri Rossi, Lorenzo, dan Gibernau, pertanyaan tersebut sempat terlontar. “Apakah Rossi akan melakukan apa yang pernah ia lakukan di tahun 2005 terhadap rekan setimnya, Lorenzo, yang kini memimpin klasemen sementara dengan keunggulan satu poin?”

“Ya,” ungkap Rossi yang kembali menegaskan bahwa saat balapan empat tahun silam dia tidak bermaksud menyenggol Gibernau.

Dengan bercanda, Lorenzo yang pekan lalu berhasil menyalip Rossi sehingga menjadi juara GP Jepang menimpal bahwa dia siap meladeninya. Pebalap Spanyol tersebut mengatakan bahwa dirinya akan mempertahankan posisi dari “serangan” Rossi, bila pada hari Minggu nanti dia benar-benar berada di depan.

Terlepas dari kontroversi tersebut, GP Spanyol tahun ini akan menjadi penampilan perdana Gibernau sejak tahun 2006. Pebalap Hernandez Ducati ini ingin mengulangi prestasi tahun 2004 ketika dia menjadi juara di sini.

“Sejak berkesempatan kembali ke MotoGP, ini (GP Spanyol) adalah tempat yang ingin saya datangi. Tempat ini memberikan banyak memori hebat, sangat spesial, dan tak ada GP yang seperti ini. Kembali ke sini benar-benar menyenangkan meskipun saya agak cemas dengan perjalananku,” ungkapnya.

Tahun lalu, GP Spanyol dimenangi oleh pebalap tuan rumah yang memperkuat Repsol Honda, Dani Pedrosa. Dia mengungguli Rossi dan Lorenzo. Akhir pekan nanti, pertarungan sengit di antara ketiga pebalap ini diprediksi berlangsung ketat lagi karena ditambah dengan pebalap Ducati, Casey Stoner. (CRS)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: